POLTEK BOJONEGORO : 3 JURUSAN TIDAK DISETUJUI DIKTI

Menanggapi para pendaftar di Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro yang kecewa karena jurusan yang ada pada brosur pendaftaran ternyata tidak sesuai dengan jurusan yang dibuka. Pihak Poltek Negeri Bojonegoro menjelaskan bahwa ketidaksesuain pembukaan jurusan dengan brosur karena pengajuan enam jurusan awal tidak semuanya disetujui pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud).

Hal itu diungkapkan, Humas Poltek Negeri Bojonegoro Hadi Purwanto. Menurutnya, memang sesuai kesepakatan awal pada pertemuan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dengan perwakilan Dikti disepakati pengajuan enam jurusan pada tahun pertama pendirian Poltek yang telah disiapkan lahan seluas 7,5 Hektar (Ha) sebagai area kampus itu.

“Awalnya memang disepakati enam jurusan, namun saat diajukan pada Dikti Pusat ternyata dari keenam jurusan itu hanya tiga jurusan yang diterima pada tahun pertama ini,” ujarnya.

Ditambahkan, pihak Dikti menyetujui hanya tiga jurusan yang dibuka yakni Jurusan Teknik Informatika, Teknik Mesin Otomotif serta Komputer Akuntansi dengan alasan potensi dana yang hanya cukup untuk operasional tiga jurusan saja. “Kami sudah melakukan negosiasi dengan pihak Dikti terkait masalah ini, namun menurut mereka dari dana operasional yang ada hanya sesuai untuk standar mutu tiga prodi. Baru pada tahun kedua bisa membuka enam prodi,” terang Hadi.

Diakuinya, penulisan enam jurusan pada brosur dilakukan untuk antisipasi supaya banyak calon mahasiswa yang daftar pada Poltek Negeri yang rencananya proses perkuliahan akan dilaksanakan di dua SMKN Negeri di Bojonegoro itu. “Tapi, tadi waktu tes juga sudah kami jelaskan terkait kesalahan yang ada pada brosur. Dan mereka pun sudah mempertimbangkan apakah jadi daftar di perguruan tinggi kami atau tidak,” ujarnya.

Dikatakan Hadi, usai penawaran pilihan tersebut, sebanyak 60% pendaftar yang tidak sesuai pilihan awal beralih ke Jurusan Teknik Informatika. Sedangkan, 20% menyatakan tetap pada pilihan awal, sementara 20% masih pikir-pikir. “Ya..semoga dengan kejadian ini bisa dinformasikan kepada masyarakat terkait perubahan jurusan. Kebetulan, untuk pembukaan pendaftaran gelombang kedua dimulai hari ini hingga 30 Agustus mendatang,” pungkasnya. [lis]

About these ads

Tentang idhe novian

keluarga adalah harta yang tak ternilai, aku berharap mampu menjadi pemimpin yang akan menjaga, menuntun dan membahagiakan mereka...amien!!
Tulisan ini dipublikasikan di DUNIA PENDIDIKAN DAN BUDAYA dan tag , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s